ETIKA
BERKOMUNIKASINarasumber
: Istianing ika cahyantiEtika
merupakan kumpulan asas atau nilai yang berkenan dengan akhlaq.
Komunikasi
merupakan suatu proses penyampaian infirmasi(pesan, ide, gagasan) di suatu
pihak ke pihak yang lain.Jenis
komunikasi :Komunikasi verbal : jenis komunikasi yg
terucap atau langsung.Komunikasi nonverbal : merupakan
komunikasi yg tidak terucap(isyarat)Tujuan
komunikasi :To inform (memberitahu, melaporkan)To entertaint (menghibur, menjamu)To persuade (membujuk, mengajak)Faktor
komunikasi :Komunikator : pengirim pesanPesan : apa yang akan disampaikanMedia : misal lewat teleponKomunikan : penerima pesanEtika
komunikasi : Menunjukan senyum ramah bersahabat Menggunakan pakaian yang sopan Memberikan tatapan mata ramah Menggunakan intonasi yang tidak
membuat lawan merasa terganggu Menunjukan ekspresi ramah dan menarik
bagi lawan bicara Menggunakan pilihan kata yang tidak
terlalu berbelit dan mudah dimengerti Sikap yang wajar, tenang dan tidak
kaku Kelancaran berbicara Kesediaan menghargai pandangan orang
lain Gerak gerik dan mimik yang tepat Kenyaringan suaraKomunikasi
Horizontal : digunakan saat berbicara dengan teman sebayaKomunikasi
vertikal : komunikasi saat berbicara dengan tentang yang lebih tuaSikap
positif : adanya kesamaan kepentingan antara komunikator
dengan komunikanPikiran
atau ide yang didasarkan dapat diterima sebagai sesuatu yang dapat mrmberikan
manfaat bagi keduanya.Adanya
kepentingan dari komunikator dan komunikanSikap
saling mendukungAdanya
unsur empati pada keduanyaCara
membangun komunikasi yang efektif : Perhatikan dengan baik intonasi dan
gaya bahasa Mengerti apa yamg dibicarakan Menghargai berkomunikasi dengan
siapapun Perhatikan bahasa tubuh Mendengarkan dengan penuh ekspresi Komunikasi mengandung kritik dan
saran Tema yang tepat Siapkan pertanyaan dan dibubuhi
sesuatu yang lucu Tampil dengan energiDampak
komunikasi yang buruk : Tidak ada ketertarikan Terjadi kesalah fahaman Produktifitas rendah Kebingungan Membuang-buang waktu Menyusahkan orang lainx
0 Komentar